24/09/13

Satu Tahun dari sekarang aku akan Lupa

Ini mungkin bukan awalan yang baik untuk sebuah surat cinta, tapi apa kamu tahu? Katanya, waktu terlama untuk melupakan seseorang itu adalah 6 tahun.
Pantas saja setelah lima tahun ini kamu belum bisa aku lupakan. Rupanya masih ada sisa satu tahun lagi. Aku jadi berpikir, kira-kira apa yang akan aku lakukan selama satu tahun sebelum melupakan kamu?
Aku pernah membaca sebuah jurnal harian milik seseorang yang berjudul “30 Days of Broken-Hearted”. Di sana, ia menuliskan bahwa jurnal tersebut dibuat untuk membantunya melupakan mantan kekasihnya yang kemarin meninggalkannya. Katanya, ia akan melupakannya dalam waktu 30 hari. Dan dalam kurun waktu 30 hari tersebut, ia akan menulis setiap hari di jurnal hariannya tentang apa saja yang mengingatkan dia pada si mantan kekasih.
Aku? Apakah aku akan menuliskan tentang kamu selama satu tahun sebelum melupakan kamu? Ah, tidak. Menurutku percuma, jika suatu hari aku kembali mengunjungi jurnal tersebut, aku akan kembali mengingatmu. Nanti sia-sia saja usahaku selama enam tahun melupakanmu.
Nah, kalau kau bertanya, apa saja yang kulakukan selama lima tahun ke belakang?
Aku bukan orang gila yang menghabiskan waktunya dengan diam saja, kok. Sungguh. Aku mencoba mencintai orang lainnya karena seseorang berkata bahwa cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan menemukan orang baru. Tapi ternyata tidak seperti itu untuk aku, karena mencintai orang baru hanya menambah keinginanku untuk kembali mencintai kamu.
Lima tahun ini kehidupanku berjalan seperti biasa, masih mencintai kamu seolah-olah hal itu adalah salah satu dari keterbiasaan hidupku. Jadi kupikir rasanya aneh juga ya kalau aku terbangun di pagi hari dan tiba-tiba sudah tidak mencintai kamu lagi.
Tapi mulai tahun depan aku akan melupakan kamu. Meski pun aku belum tahu akan seperti apa rasanya, semoga kamu juga akan terbiasa menjadi sesuatu yang sudah aku lupakan.
Ah, sudahlah. Untuk satu tahun ke depan mungkin aku hanya akan mendoakan kamu. Dan sebelum tahun depan aku lupa sama kamu, aku mau bilang, kamu janji harus bahagia ya.